Website SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan Jawa Timur Indonesia
Rubrik : Berita Terkini
SOSIALISASI AKPOL RI
2011-10-25 10:24:03 - by : wahyudi

SOSIALISASI AKPOL RI

    Bertempat di SMA Negeri 1 Bangil Jl. Bader No. 03 Kalirejo, Bangil pada hari Senin, 24 Oktober 2012 sekitar pukul 09.00-10.15 WIB; diadakan sosialisasi akademi polisi RI. SMA Negeri 1 Bangil mendapat tiga tamu kehormatan dari pihak POLRI, yakni AKP Binmas Polres Ani Hariyati yang merupakan alumni SMAN 1 Bngil dan tiga pemuda Brigadir Satu Taruna; Bst. Bevan Raga Utama, Bst. Azmi Halim Permana, Bst. Asep Wahyudi. Maksud kedatangan beliau adalah mengadakan penyuluhan terhadap siswa-siwi didik SMA Negeri 1 Bangil. Memberikan informasi tentang pendidikan akademi polisi terutama siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Bangil. Interaksi ini bermaksud membangkitkan jiwa pemuda bangsa untuk menjadi penerus bangsa yang diharapkan oleh leluhur.
  

Akademi Polri membuka peluang besar bagi siswa-siswi yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan sekolah ke Akademi Polri. Berdasarkan data yang ada, untuk daerah Jatim terdapat siswa yang lolos masuk AKPOL, yakni Taruni dari SMAN 1 Pandaan. Untuk perencanaan kedepannya, terdapat pembaharuan pendidikan bahwa akan diluluskan dikepolisian langsung menjadi sarjana tanpa tes kuliah lagi yang dapat dikatakan sangat membutuhkan proses panjang. Dan juga remonrasi untuk kedepannya. Di AKPOL Terdapat empat tingkat, Pertama adalah Calon Bayangkara Taruna, dan akan dilantik oleh Ibu Bayangkari sendiri. Kedua, Brigadir 1 Taruna yang akan dilantik oleh bapak kapolri. Di tingkat kedua ini terdapat banyak sekali aktifitas yang dijalankan. Yakni diantaranya Bineka Eka Bakti, yang merupakan gabungan dari TNI dan mahasiswa-mahasiswa. Ketiga, Brigadir 2 Taruna. Ditingkat ini terdapat latihan-latihan kerja dalam 1 bulan dengan gabugan TNI pula. Dan tingkatan keempat, Brigadir Taruna. Ketika pelantikan perwira sebagai penghormatan terbesar akan dilantik oleh presiden RI. Di AKPOL kita juga bisa menghilangkankan kejenuhan-kejenuhan yang ada yakni dengan berolah raga yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap. Proses aktifitas AKPOL berbagai macam. Diantaranya latihan dan berinteraksi. Seperti yang diadakan di daerah Wonosobo dan Pantai Japara. Selama atara 2-3 minggu, anggota AKPOL melakukan interaksi dengan masyarakat siang dan malam serta menyelam di daerah Pantai Japara. Dan juga study tour, tunjungan ke Amerika dan Australia. Dengan persyaratan perilaku baik, akademi pendidikan yang baik, dan master english untuk anggota AKPOL yang akan dikirim. Terdapat suatu tempat yang dapat dihuni 4-6 orang dengan fasilitas 1 almari yang berisi pakaian yang sudah disediakan, 1 tempat tidur, dan 1 tempat kerja untuk tiap orang. Biasanya tempat it dikenal dengan Barak. Tempat taruna(laki-laki) dan taruni(perempuan) pun dipisahkan untuk tempat peristirahatan. Bertingkat 5, terdapat 3 graha dan hotspot yang dapat dioperasionalkan ditempat itu. Tempat tinggal untuk anggota AKPOL pun gratis tanpa pembebanan biaya sepeser pun.
 

AKPOL tidak memungut biaya. Dari biaya pendaftaran, kuliah, dan ketika penempatan dibayar oleh pemerintah. Keberadaan AKPOL dijamin oleh pemerintah. Proses pendaftaran berlangsung dengan tes fisik, dilanjut dengan tes kesehatan. Dengan pemeriksaan secara menyeluruh. Dari mata tidak bleh minus kecuali minus 0.5 tapi dengan nilai harus lebih dari pendaftar lain. Gigi harus rata dan tidak boleh gingsul. Bahkan pemeriksaan narkoba dan tes urin untuk pembuktian keperawanan kaum wanita. Pemeriksaan urin pun akan terus berlanjut setelah dikatakan diterima dengan pemeriksaan 6 bulan sekali. Kemudian dilanjut kemampuan akademi, diantaranya akademi bahasa. Undang-undang kepolisian, dan harus dinyatakan lulus tes psikologi yang terdiri dari dua, yakni secara tulis dan wawancara psikiater. Masuk ke AKPOL diperbolehkan dengan ijazah kuliah khususnya hukum. Dengan persyaratan usia maksimal 21 tahun. Sedangkan untuk yang lain harus melewati SSIPP. Yang dibuka setiap 6 bulan dipertengahan. Dan sekolah AKPOL pun hampir sama dengan sekolah pada umumnya. Terdapat HER apabila nsp dibawah 7 dan DO apabila nilai tidak mencukupi.   
    Dengan diadakannya penyuluhan ini, SMAN 1 Bangil berharap anak-anak didik lebih berminat dengan datangnya keempat tokoh tersebut. Didapat info pula untuk bulan November anggota AKPOL akan dikirim ke RIAU sekitar 1 bulan. Semoga AKPOL sukses dan dapat membagi pengalaman dan penyuluhan lagi di SMA Negeri 1 Bangil.

Nama                     : Ani Hariyanti, SH.
TTL                        : Pasuruan, 25 Agustus 1970
Alamat                   : Perum. Megersari Indah No. 05 Krg Gayam
Jabatan                  : AKP/Kst Binmas Polres Pasuruan
Instansi                  : Polres Pasuruan
Alamat Instansi       : Jl. Dr. Sutomo No. 01 Bangil
Riwayat Pendidikan  :  1. SD, SMP, SMA, Universitas
                                 2.SEBA, SECAPA
Riwayat Hidup         :  1. Kapolsek Dk Pakis Surabaya
                                 2. Penyidik SAT TIPITER POLDA Jatim
                                 3. Kst BINMAS POLRES
Moto                       : Segala sesuatu itu harus kita nikmati sehingga nantinya terasa indah

Nama                      : Bevan Raga Utama
TTL                         : Metro, 11 Maret 1991
Alamat                    : Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 18 Metro, Lampung
Jabatan                   : Brigadir Satu Taruna
Instansi                   : Akademi Kepolisian
Alamat Instansi        : Jl. Sultan Agung Candi baru, Semarang
Riwayat Pendidikan   : 1. SD Pertiwi Teladan Metro
                                 2. SMPN 1 Metro
                                 3. SMA Taruna Nusantara, Magelang
Moto                        : Tiada kebersamaan tanpa pengorbanan
Nama                       : Azmi Halim Permana
TTL                          : Singkawang, 28 Februari 1989
Alamat                     : Jl. Pramuka No. 25 Singkowang, Kalbar
Jabatan                    : Brigadir Satu Taruna
Instansi                    : Akademi Kepolisian
Alamat Instansi          : Jl. Sultan Agung Candi baru, Semarang
Riwayat Pendidikan    : 1. SDN 1 Sintang, 2000
                                  2. SLTPN 3 Singkawang, 2003
                                  3. SMAN 1 Singkawang, 2006
                                  4. SPN POLDA Pontianak, 2007
Riwayat Hidup           : Anggota POLRI POLRES SAMBAS, POLDA KALBAR
Moto                         : Jadilah dirimu sendiri dalam hidup ini dan tunjukkan apa yang  \ menjadi dirimu miliki untuk 

                                  menjadi lebih baik


Nama                        : Asep Wahyudi
Jabatan                     : Brigadir Satu Taruna
Instansi                     : Akademi Kepolisian
Alamat Instansi          : Jl. Sultan Agung Candi baru, Semarang

By: Robi Habsyi

Website SMA Negeri 1 Bangil Pasuruan Jawa Timur Indonesia : http://sman1bangil.sch.id/id
Versi Online : http://sman1bangil.sch.id/id/?pilih=news&aksi=lihat&id=98